Senin, 08 Juli 2013

Jenis dan Langkah Mendengar Efektif


Jenis-jenis mendengar yang efektif


Terdapat beberapa jenis mendengarkan yang efektif, antara lain:
  1. Mendengarkan isi. Yaitu: memahami dan mengingat pesan dari  pembicara.
  2. Mendengarkan kritis. Yaitu: memahami dan mengevaluasi arti pesan  pembicara di beberapa tingkat secara kritis.
  3. Mendengarkan aktif atau empati. Yaitu: memahami perasaan, kebutuhan, dan keinginan pembicara sehingga anda dapat menghargai sudut pandangnya, tak peduli adanya persamaan perspektif atau tidak.

Langkah-langkah mendengar yang efektif

Lima langkah dalam mendengarkan secara efektif:
  • Menghadiri: mendengarkan pesan dan mencatat. Usaha mendengarkan ini dapat dihambat oleh suara mengganggu, pendengar yang sakit atau tidak memperhatikan.
  • Mengintrepetasikan: memberikan arti pada suara menurut nilai-nilai, keyakinan, gagasan, harapan, peran, keperluan, dan sejarah pribadi anda sendiri. Kerangka rujukan pembicaraa mungkin amat berbeda dari anda, jadi anda mungkin perlu yang sebenarnya dimaksud pembicara.
  • Mengingat: menyimpan pesan untuk rujukan dikemudian hari. Pada saat mendengarkan, anda menyimpan yang didengar dengan mencatat atau dengan membuat kerangka penilaian poin-poin penting yang dibahas pembicara.
  • Mengevaluasi: menerapkan ketrampilan berpikir kritis untuk menilai sisi pembicaraan. Anda memisahkan fakta dan opini  dan mengevaluasi mutu bukti-bukti yang diajukan.
  • Memberikan tanggapan: bereaksi setelah anda mengevaluasi pesan pembicara.  Bila anda berkomunikasi satu lawan satu atau dalam  konteks kecil, tanggapan awal umumnya berbentuk verbal. Jika anda merupakan salah satu pendengar, respons awal mungkin tepuk tangan, tawa , atau diam. Kemudian anda dapat bertindak berdasarkan yang telah anda dengar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar