peluang usaha

Senin, 08 Juli 2013

Strategi Mendengar Secara Efektif


Seperti halnya dengan berbagai ketrampilan lainnya, kemampuan mendengar yang efektif dapat dipelajari. Yang diperlukan hanyalah kemauan untuk meningkatkan komunikasi dengan  lebih baik.

Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengar yang Efektif

Untuk memperbaiki ketrampilan mendengarkan, maka dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1)    Belajar
Pandanglah dibalik gaya pembicara dengan menanyakan pada diri sendiri apa yang diketahui pembicara yang belum anda ketahui, dengan niat untuk belajar.

2)    Depersonalisasi
Depersonalisasi kegiatan mendengar anda sehingga mengurangi dampak emosional dari apa yang  dikatakan  yang  mungkin anda    tidak   sepaham.  Usahakan  untuk   menahan   sanggahan   sampai    anda  selesai mendengar keseruluhan pesan.

3)    Hilangkan gangguan
Hilangkan gangguan yang mungkin  dihadapi,  misalnya dengan menutup pintu, mematikan radio kaset atau televisi  dan   menghampiri  pembicara lebih dekat.

4)    Dengarkan gagasan pokok
Dengarkan konsep dan gagasan pokok disamping fakta, untuk dapat memahami keseluruhan pesan yang  disampaikan pembicara. Sadari perbedaan  antara  fakta  dan  prinsip,  gagasan dan  contoh, serta  bukti  dan argumentasi.

5)    Cari pesan yang tidak terucapkan
Pesan yang tidak terucapkan, seringkali dapat dikenali dari  nada suara atau ekspresi pembicara mengungkapkan lebih banyak dari kata-kata yang diucapkan.

6)    Bersikap terbuka
Tetap bersikap terbuka dengan mengajukan pertanyaan yang dapat memperjelas pemahaman anda, termasuk terbuka   terhadap informasi-infiormasi yang baru.

7)    Jangan memotong
Memotong pembicaraan akan beakibat fatal, disamping akan mengganggu konsentrasi pembicara, juga akan mengaburkan pesan yang disampaikan.

8)     Jika harus melakukan kritik
Evaluasi dan kritik pada isi pembicaraan bukan orangnya. Fokus kritik anda pada apa yang disampaikan. Hindari mengkritik orang secara pribadi.

9)     Berikan umpan balik
Tunjukkan kepada pembicara bahwa anda masih mendengarkan dia, pertahankan kontak mata, berikan ekspresi wajah yang tepat.

10)  Buat catatan yang singkat dan langsung
Catatan singkat akan membantu ingatan anda pada subyek yang sedang dibicarakan. Melakukan catatan-catatan singkat dapat menunjukkan perhatian anda pada subyek yang sedang dibicarakan.


Perlunya Konsentrasi


Hal lainnya adalah perlunya konsentrasi dalam mendengar yang efektif. Ketidakmampuan untuk konsentrasi pada tanda-tanda verbal maupun non-verbal merupakan salah satu alasan banyak orang kurang bisa menjadi pendengar yang baik. Pikiran kita dapat memproses lebih dari 1,000 kata per menit, tapi kita berbicara dengan tingkat kecepatan hanya 125 kata per menit. Artinya ada waktu yang bisa dihabiskan bukan hanya untuk mendengar namun juga berpikir. Jangan biarkan pikiran kita terbang kemana-mana, namun gunakan untuk bisa mendengar lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar