Selasa, 09 Juli 2013

Proyeksi


Proyeksi merupakan bagian dari ilmu menggambar yang penting sekali dan harus dipahami. Oleh karena itu, latihan-latihan membuat dan membaca gambar dengan cara proyeksi ini harus sering dilakukan. Proyeksi adalah gambar bayangan dari suatu benda, yang dihasilkan dari pandangan terhadap benda tersebut dengan cara tertentu.
 
Gambar berikut memperlihatkan salah satu dari sekian banyak cara yang dipergunakan dalam ilmu proyeksi.
 
Gambar 3.15. Proyeksi
 
P adalah pemandang (dapat juga diumpamakan sebagai sumber cahaya). Q adalah benda yang dipandang (diproyeksikan) dan R adalah hasil dari aktifitas ini yang berupa bayangan (proyeksi).
 
a. Sistem Proyeksi Amerika
 
Untuk sistem proyeksi Amerika, hasil proyeksi terletak di antara pemandang dengan benda yang dipandang. Pandangan utama yang diambil biasanya adalah pandangan muka, samping kanan, dan pandangan atas. Pandangan-pandangan lainnya hanya digambarkan untuk memperjelas bagian-bagian yang tidak dapat dijelaskan oleh ketiga pandangan utama tersebut.
 
Gambar 3.16. Proyeksi Amerika
 
 
 
b. Sistem Proyeksi Eropa
 
Untuk sistem proyeksi Eropa, hasil proyeksi terletak di urutan ke tiga setelah pemandang dan benda yang dipandang. Pandangan utama dari proyeksi Eropa ini adalah pandangan muka, pandangan samping kiri, dan pandangan atas.
 
Gambar 3.18. Proyeksi Eropa
 
 
 
Istilah terkait proyeksi : contoh proyeksi, gambar proyeksi, pengertian proyeksi, proyeksi adalah, proyeksi amerika, proyeksi bisnis, proyeksi eropa, proyeksi keuangan, proyeksi penduduk, proyeksi peta, teknik proyeksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar