peluang usaha

Rabu, 10 Juli 2013

Cara memperbaiki lampu sein motor yang mati



Sangat penting fungsinya lampu sein untuk menandakan kita akan berbelok ke kiri atau ke kanan. Dengan begitu angka kecelakaan karena salah faham dijalan dapat dikurangi. Namun begitu ada beberapa komponen terkait dengan berfungsi atau tidaknya lampu sein. Komponen itu antara lain flasher, bohlam lampu sein, saklar dan kabel penghantar.
Flasher adalah suatu komponen yang terdapat pada kendaraan yang berfungsi untuk menyalakan lampu tanda belok ke kiri atau ke kanan atau hazard pada mobil (berkedip - kedip) secara otomatis.


Adapun langkah / cara memperbaiki lampu sein motor yang rusak atau mati adalah :

  1. Lepaskan body sepeda motor.
  2. Cari, periksa dudukan dan atau lepaskan flasher dari terminal kabel atau cop kabel (siapa tahu hanya dudukannya yang goyang). Bila bukan itu kerusakannya, maka langkah selanjutnya ......
  3. Periksa dulu apakah lampu sein kanan atau kah kiri yang putus atau keduanya mati.
  4. Kemudian terminal kabel tersebut atau cop kabel tadi dihubungkan langsung dengan seutas kabel atau kawat (di jumper).
  5. Lalu coba anda hidupkan lampu sein kanan atau lampu sein kiri secara bergantian.
  6. Jika lampu sein menyala meskipun tidak berkedip, berarti ada kerusakan pada flasher.
  7. Tapi jika lampu sein mati, maka kerusakan belum tentu atau bukan hanya pada flasher tapi juga pada kabel-kabel penghubungnya yang harus diperbaiki, periksa saklarnya apakah masih berfungsi dengan baik atau kunci kontak dalam keadaan baik.
Nah, bila sudah tahu maka mudah-mudahan Anda dapat memperbaiki lampu sein sendiri. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar