Rabu, 10 Juli 2013

Cara memeriksa starter engkol skutik


Kendaraan jaman sekarang yang serba listrik, elektrik dan elektronik dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam penggunaannya. Begitu juga dengan Skuter Matic (Skutik) yang tentu dilengkapi dengan tombol starter, tinggal pencet langsung "jreeeenggg".

Efek negatif nya tentu juga kembali kepada si skutik karena ia juga dilengkapi dengan engkol yang dimaksudkan untuk penggunaan darurat bila accu telah habis masa pakai atau keadaan darurat lainnya. Efek negatif itu adalah berupa rusaknya engkol karena tidak pernah dipakai.
Pada dasarnya untuk merawat starter engkol bisa dilakukan bersamaan dengan mengecek kondisi sekitar boks CVT. Sambil membersihkan boks dari kotoran dan air, sekalian lumasi dua gir yang menggerakkan engkol (spindle/ gir pemutar dan driven/ gir belakang), dan as dengan gemuk. 
Catatan : jangan menggunakan oli karena sifat oli yang cepat kering juga kotoran akan gampang menempel. Gunakan gemuk karena lebih baik dan tahan terhadap panas, dan sebelum menggunakan gemuk ada baiknya semprotkan terlebih dahulu cairan anti karat.


Juga jangan lupa untuk memeriksa pegas yang bertugas mengembalikan engkol ke posisi semula. Bersihkan dari debu dengan menggunakan cairan pembersih. Kalau tidak pernah dipakai, kondisinya dipastikan bagus. Tapi kalau sering, bisa jadi sudah lemah. Untuk hal yang terakhir, harus diganti ketimbang tidak kembali ke posisi semula alias loyo.

Nah, jadi mencegah lebih baik dari pada mengobati sebab mengobati mahal gan, he....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar