A
Auto Ignition: adalah gejala terbakarnya sebagian campuran didalam ruang bakar akibat tekanan dan temperatur yang terlalu tinggi jadi bukan karena rambatan api dari busi. biasanya bersuara agak pelan dan tenaga yg terbuangpun tidaklah terlalu ngedrop.
Akselerasi: Penambahan Kecepatan melalui pemutaran handel gas
B
Bore: adalah diameter lubang bagian dalam cilinder
Basah: Kadar udara dibuat sedikit di setingan karbu
Blok = Silinder (Cylinder) mesin
Boring = Liner Cylinder.
Brebet: Setelan karbu cenderung basah
C
Chamber: Knalpot standar yang dimodifikasi dan diberi glasswool, suaranya adem
D
Detonasi: Detonasi atau Knocking atau Ngelitik atau Pinging adalah gejala timbulnya suara ketukan pada mesin jika dipaksakan untuk menghasilkan daya yang lebih besar dari kemampuannya. gejala ngeltik ini bisa ditimbulkan karena Auto Ignition ataupun karena Pre Ignition.
Deselerasi: Penurunan Kecepatan melalui pemutaran handel gas
E
Engine Tune Up: adalah tindakan yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi mesin pada taraf kerja mesin yang optimal, yaitu dengan menyetel ulang, membersihkan, sampai dengan mengganti part yang sudah rusak.
G
Gunting/Ngegunting: Mengambil jalur kendaraan lain dengan jarak dekat dan tiba-tiba.
M
Miss Firing: adalah gagal pengapian
Mrepek: Pengapian dan setingan karbu sudah oke untuk nyeting 4.gif
Manual Book: Buku Panduan Tata Cara Pemakaian maupun bagian-bagian penting produk yang wajib diberikan kepada konsumen pada saat membeli kendaraan baru, TV, Hape, kulkas, komputer, dsb
N
Ngempos: Tenaga yang menurun (ngedrop) akibat kompresi pada ruang bakar bocor.
Ngejim = Berhentinya kinerja mesin karena seher macet di ruang liner cyilinder
Ngedrop: tenaga mesin tiba-tiba turun drastis
O
Overhaul: Turun mesin
Oktan: adalah unsur kemurnian yang terkandung dalam bahan bakar minyak, biasanya dinyatakan dengan angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan.
Overbosh: Penggantian liner pada cylinder
Oversize: Pembesaran diamater liner pada cilinder
P
Pre Ignition: Adalah gejala terbakarnya sebagian campuran didalam ruang bakar akibat tekanan dan temperatur yang terlalu tinggi sebelum busi memercikkan api. biasanya bersuara lebih keras dan tenaga yg terbuangpun lebih banyak (sangat ngedrop). akibat dari kinerja ini akan mengakibatkan batang torak (connection rod) menjadi bengkok.
Part Catalogue (Book): Buku Daftar Komponen (kendaraan bermotor) yang berisi nomor seri partnya
Porting: langkah untuk mencari efisiensi volumetrik yang ideal buat gas bakar.
R
RPM: Rotation Per Minute
S
Stroke: adalah panjang langkah kerja piston yg diukur dari Titik Mati Atas (TMA) sampai dengan Titik Mati Bawah (TMB)
Stut = batang; (distut) mendorong motor lainnya dengan kaki/tangan
Speleng: Tidak centris/goyang. Masalah ini Biasanya ada di Velk dan piringan cakram.
Spik: (Speak) Hanya bisa bicara saja. Action-nya kadang aja2.
T
Titik Mati Atas (TMA): adalah bilamana torak berada pada bagian atas suatu langkah didalam silinder,yang mana posisi torak dekat pada kepala silinder.
Toet/trungtung: Knalpot standar yang dimodifikasi tanpa glasswool, suranya jadi nyaring
Titik Matii Bawah (TMB): adalah bilamana torak berada pada bagian bawah suatu langkah didalam silinder, yang mana posisi torak dekat dengan poros engkol.
Torak: Torak atau Piston atau Seher adalah komponen sumbat geser yang terpasang presisi di dalam cilinder yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima hentakan pembakaran pada ruang bakar.
Turbulensi: Getaran atau Goncangan akibat kinerja mesin
Auto Ignition: adalah gejala terbakarnya sebagian campuran didalam ruang bakar akibat tekanan dan temperatur yang terlalu tinggi jadi bukan karena rambatan api dari busi. biasanya bersuara agak pelan dan tenaga yg terbuangpun tidaklah terlalu ngedrop.
Akselerasi: Penambahan Kecepatan melalui pemutaran handel gas
B
Bore: adalah diameter lubang bagian dalam cilinder
Basah: Kadar udara dibuat sedikit di setingan karbu
Blok = Silinder (Cylinder) mesin
Boring = Liner Cylinder.
Brebet: Setelan karbu cenderung basah
C
Chamber: Knalpot standar yang dimodifikasi dan diberi glasswool, suaranya adem
D
Detonasi: Detonasi atau Knocking atau Ngelitik atau Pinging adalah gejala timbulnya suara ketukan pada mesin jika dipaksakan untuk menghasilkan daya yang lebih besar dari kemampuannya. gejala ngeltik ini bisa ditimbulkan karena Auto Ignition ataupun karena Pre Ignition.
Deselerasi: Penurunan Kecepatan melalui pemutaran handel gas
E
Engine Tune Up: adalah tindakan yang dilakukan untuk mengembalikan kondisi mesin pada taraf kerja mesin yang optimal, yaitu dengan menyetel ulang, membersihkan, sampai dengan mengganti part yang sudah rusak.
G
Gunting/Ngegunting: Mengambil jalur kendaraan lain dengan jarak dekat dan tiba-tiba.
M
Miss Firing: adalah gagal pengapian
Mrepek: Pengapian dan setingan karbu sudah oke untuk nyeting 4.gif
Manual Book: Buku Panduan Tata Cara Pemakaian maupun bagian-bagian penting produk yang wajib diberikan kepada konsumen pada saat membeli kendaraan baru, TV, Hape, kulkas, komputer, dsb
N
Ngempos: Tenaga yang menurun (ngedrop) akibat kompresi pada ruang bakar bocor.
Ngejim = Berhentinya kinerja mesin karena seher macet di ruang liner cyilinder
Ngedrop: tenaga mesin tiba-tiba turun drastis
O
Overhaul: Turun mesin
Oktan: adalah unsur kemurnian yang terkandung dalam bahan bakar minyak, biasanya dinyatakan dengan angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan sebelum bahan bakar terbakar secara spontan.
Overbosh: Penggantian liner pada cylinder
Oversize: Pembesaran diamater liner pada cilinder
P
Pre Ignition: Adalah gejala terbakarnya sebagian campuran didalam ruang bakar akibat tekanan dan temperatur yang terlalu tinggi sebelum busi memercikkan api. biasanya bersuara lebih keras dan tenaga yg terbuangpun lebih banyak (sangat ngedrop). akibat dari kinerja ini akan mengakibatkan batang torak (connection rod) menjadi bengkok.
Part Catalogue (Book): Buku Daftar Komponen (kendaraan bermotor) yang berisi nomor seri partnya
Porting: langkah untuk mencari efisiensi volumetrik yang ideal buat gas bakar.
R
RPM: Rotation Per Minute
S
Stroke: adalah panjang langkah kerja piston yg diukur dari Titik Mati Atas (TMA) sampai dengan Titik Mati Bawah (TMB)
Stut = batang; (distut) mendorong motor lainnya dengan kaki/tangan
Speleng: Tidak centris/goyang. Masalah ini Biasanya ada di Velk dan piringan cakram.
Spik: (Speak) Hanya bisa bicara saja. Action-nya kadang aja2.
T
Titik Mati Atas (TMA): adalah bilamana torak berada pada bagian atas suatu langkah didalam silinder,yang mana posisi torak dekat pada kepala silinder.
Toet/trungtung: Knalpot standar yang dimodifikasi tanpa glasswool, suranya jadi nyaring
Titik Matii Bawah (TMB): adalah bilamana torak berada pada bagian bawah suatu langkah didalam silinder, yang mana posisi torak dekat dengan poros engkol.
Torak: Torak atau Piston atau Seher adalah komponen sumbat geser yang terpasang presisi di dalam cilinder yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima hentakan pembakaran pada ruang bakar.
Turbulensi: Getaran atau Goncangan akibat kinerja mesin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar